Upload file image menggunakan fungsi AJAX lebih mudah dan efisien. Dalam tutorial sebelumnya, saya telah membuat Cara Membuat Image Upload dengan validasi Size bagi yang belum membaca silahkan klik tautan tersebut. Dalam contoh ini, saya membuat upload image dengan tanpa refreas untuk melakukan upload gambar PHP dengan AJAX.Saya menggunakan jQuery AJAX untuk mengimplementasikan upload image. Saat mengirimkan form dengan file image yang dipilih, skrip AJAX akan dieksekusi. Dalam script ini, ia mengirimkan permintaan upload ke PHP dengan image yang diupload. script PHP memindahkan image yang diupload ke folder target dan mengembalikan gambar HTML untuk menunjukkan pratinjau sebagai respons AJAX.

HTML Image Upload Form 

Script berikut berfungsi  untuk form upload image. Saat mengirimkan form, fungsi AJAX akan dipanggil untuk mengirim permintaan ke script upload image PHP.

PHP Image Upload via AJAX Method

Script ini menunjukkan fungsi ajax () yang digunakan untuk mengirim permintaan unggah file dengan memposting contoh FormData.  Setelah upload image berhasil, fungsi akan mencetak image HTML yang diunggah sebagai respon AJAX.

Output dari script di atas ,

Cara Membuat PHP Ajax Image Upload

Setelah dilakukan Upload

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Cara Membuat PHP Ajax Image Upload, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat