Pada materi kali ini kita akan membahas tentang bagai mana Cara Membuat Route Endpoint RESTFUL API Pada Laravel, namun sebelum kita masuk pada pembahasan tentang Cara Membuat Route Endpoint RESTFUL API Pada Laravel kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu yang di masud dengan endpoint pada laravel, endpoint atau endpoint styling merupakan sebuah url yang tedapat pada API, endpoint yang baik adalah endpoint yang memenuhi beberapa kriteria diantaranya yaitu :

  1. Expressive, maksudnya yaitu untuk pembuatan endpoint pada API haruslah jelas dalam penamaannya yang memiliki karaker yang Expressive
  2. Updatable, endpoint yang kita buat harus memiliki sifat yang updatable yaitu endpoint yang mudah untuk di rubah, untuk endpoint yang updatable kita bisa menambahkan version (v) pada endpointnya misalkan dumetschool.com/api/v1 jadi pada saat terdapat penambahan fitur maka data yang sebelumnya tidak akan berubah dan akan mengikuti dari version API yang digunakan.
  3.  Intuitive, endpoint yang kita buat harus mudah untuk di megerti atau dipahami, maksudnya yaitu endpoint yang kita buat haruslah sesuai dengan data atau project yang kita buat sehingga endpoint tersebut tidak membingungkan bagi penggunanya.

Setelah kita memahami apa itu endpoint pada laravel sekarang kita akan mencoba Membuat Route Endpoint RESTFUL API Pada Laravel, untuk membuat endpoint pada lavel kita meggunakan api.php yang terdapat pada folder routes/api.php file api.php tersebut berguna untuk kita membuat endpoint yang nantinya dapat digunakan oleh user, nah untuk contoh pembuatan endpoint pada pada laravel yaitu seperti dibawah ini :

Pada endpoint diatas kita membuat menggunakan Route Group, kemudian pada script diatas terdapat perintah prefix, prefix merupakan url default bawaan dari laravel yaitu api jadi pada saat kita mengakses endpoint maka untuk parameter pertama akan terdapat api kemudian v1 berikutnya nama methodnya seperti dibawah ini :

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Cara Membuat Route Endpoint RESTFUL API Pada Laravel semoga bermanfaat.

Terima kasih.