Setiap website atau aplikasi terdapat sebuah halaman yang disusun oleh konten dan layout, yang di dalam konten tersebut terdapat informasi. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Template Dinamis Dengan Menggunakan Template Blade Laravel, cara kerja dari template blade laravel ini sama halnya seperti template dinamis yang pernah kita buat dengan framework lainnya yaitu setiap halaman dapat berubah-ubah. Dengan kata lain adanya program yang berjalan untuk mengatur perubahan data yang ditampilkan di dalam website tersebut. Jenis website dinamis atau template dinamis ini sangat cocok kita gunakan pada sebuah website yang membutuhkan upadate data secara terus menerus, seperti website ecommerce, portal berita, dan website lainnya.

Pada framework laravel terdapat sebuah fitur untuk membuat halaman menjadi dinamis yaitu menggunakan template blade. Blade merupakan sebuah fitur bawaan dari framework laravel yang digunakan untuk menampilkan output pada view, fitur dari blade ini bisa dibilang sangat canggih, karena kita dapat merubah koding tanpa perlu tag php seperti <?php … ?>, selain itu blade tersebut juga dapat digunakan untuk membuat halaman atau layout pada website yang dinamis.

Untuk membuat coding php menggunakan blade harus di awali dengan karakter ‘@keywordphp’ seperti dibawah ini :

Cara Membuat Template Dinamis Dengan Menggunakan Template Blade Laravel

Namun untuk membuat halaman dinamis nantinya kita akan menggunakan @extends(”), @section(), dan @yield().

  • @extends(”) berfungsi untuk menghubungkan ke file master atau file utama atau base template.
  • @section(), berfungsi untuk menampung isi dari konten yang nantinya akan ditampilkan dengan menggunakan fungsi dari @yield()
  • @yield(), berfungsi untuk menampilkan konten dibagian tertentu pada template website, namun yang harus kita ketahui parameter pada @yield() harus sama dengan parameter yang terdapat pada @section()

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Cara Membuat Template Dinamis Dengan Menggunakan Template Blade Laravel untuk script atau penerapannya kita akan bahas pada Cara Membuat Template Dinamis Dengan Menggunakan Template Blade Laravel Part 2

Terima kasih.

WhatsApp chat