Membuat terjemahan theme WordPress siap sederhana dan mudah. WordPress menggunakan fungsi gettext untuk menerjemahkan string yang ditentukan ke bahasa target. Jadi, semua string diterjemahkan dari tema WordPress dalam domain teks harus ditampilkan dengan menggunakan fungsi gettext. Kita perlu memiliki daftar string yang dapat diterjemahkan dalam file template portabel (.POT) (sebaiknya dibuat dengan menggunakan alat atau perangkat lunak untuk mendapatkan hasil yang baik). File .POT akan menjadi basis untuk membuat file pemetaan bahasa .po, .mo untuk diterjemahkan ke lokal target.

3 Langkah Sederhana untuk Membuat Tema Terjemahan WordPress

  1. Buat dan muat domain teks untuk tema WordPress Anda.
  2. Lampirkan Text String yang diterjemahkan dengan fungsi gettext WordPress.
  3. Buat file POT.

Buat dan Muat Domain Teks

Untuk Text Domain akan menjadi bagian dari tema WordPress atau spesifikasi plugin. Potongan kode berikut menunjukkan tema dan spesifikasi plugin dengan domain teks.

Note: Spesifikasi tema akan ada di style.css tema

Muat domain teks tema Anda dengan menggunakan fungsi load_theme_textdomain (). Fungsi ini memiliki dua parameter sebagai nama domain teks dan jalur direktori tempat kita menyimpan file .pot, .po, .mo bahasa. Taruh kode di bawah ini di fungsi theme.php Anda untuk memuat domain teks.

WordPress menggunakan fungsi kerangka gettext untuk menerjemahkan string teks ke dalam bahasa target yang ditentukan. Ini memiliki set fungsi dalam file API terjemahan inti l10n.php yang terletak di direktori wp-includes. Kita harus menyertakan string teks dengan fungsi yang sesuai. Kode di bawah ini menunjukkan cara menggunakan fungsi gettext untuk melokalkan tema Anda. Pertimbangkan kode berikut yang menunjukkan string teks tanpa fungsi gettext.

String teks dalam kode di atas akan diapit oleh fungsi pelokalan sebagai berikut.

Jika ada pernyataan echo PHP maka akan diubah dengan menggunakan fungsi _e () dan bukan __ (). Ada lebih banyak fungsi gettext untuk berbagai keperluan untuk menangani teks sensual konteks, pluralisasi dan banyak lagi.Membuat file POT dengan String Teks diterjemahkan Setelah menerapkan fungsi gettext yang sesuai untuk semua string teks yang dapat diterjemahkan dari file tema Anda, buat file template .POT. Template ini akan menjadi basis yang terdiri dari semua string yang dapat diterjemahkan. File ini akan dirujuk untuk membuat file pemetaan bahasa .po, .mo pasangan untuk setiap terjemahan bahasa. Anda dapat menggunakan tool populer apa pun untuk membuat file ini untuk mendapatkan string yang dapat diterjemahkan tema.
Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Cara Membuat Terjemahan Tema WordPress semoga bermanfaat.

 

 

WhatsApp chat