Pada artikel ini merupakan kelanjutan dari pembahasan tentang cara membuat thumbnail pada codeigniter yang sudah sama-sama dibuat sebelumnya. Jika pada pembahasan sebelumnya kita sudah membuat sebuah desain tampilan untuk input sebuah file dan tombol upload. Maka sekarang bagaimana cara kita membuat sebuah fungsi untuk proses upload gambarnya.

Sebelumnya buat sebuah folder baru pada project sahabat, saya disini membuat folder upload_image bisa dilihat pada gambar berikut:

Cara Membuat-Gambar Thumbnail

Baiklah sekarang buka kembali file controller Page ,lalu tambahkan sebuah fungsi untuk proses uploadnya bisa sahabat perhatikan code dibawah ini :

Pada code diatas adalah fungsi baru yaitu function proses() ,dimana proses upload gambar akan disimpan menjadi 2 lokasi penyimpanan untuk gambar ukuran asli dan ukuran thumbnail. jadi pada proses ini tidak sampai pada penyimpanan kedalam database jadi hanya bersifat lokal saja atau masih dalam PC maupun laptop.

Baiklah simpan function proses pada file controller Page ,sekarang jalankan pada browser dan lakukan proses pilih gambar yang ingin dijadikan thumbnail, silahkan lihat pada tampilan dibawah ini :1.Cara-Membuat-Gambar-Thumbnail

Demikian pembahasan tentang cara membuat thumbnail pada codeigniter part 2, selamat mencoba dan semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi dengan pembahasan lainnya.

terima kasih