Pada tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana Cara Membuat URL SEO Friendly Menggunakan CodeIgniter namun sebelum kita masuk ke study case nya tentang Cara Membuat URL SEO Friendly kita harus tahu terlebih dahulu tentang tips dan trik untuk membuat URL SEO Friendly nya diantaranya yaitu :

  • Gunakan kata kunci dan nama article bukan angka ataupun id, seperti url yang kita gunakan http://www.domain.com/?p=123 maka dapat kita modifikasi menjadi http://www.domain.com/nama-article-adalah-kursus-website
  • Untuk penamaan halaman, harus menggunakan tanda penghubung minus (-) bukan garis bawah (_). Karena Search engine akan membaca garis bawah sebagai satu kata seperti kursus_website dapat dibaca menjadi kursuswebsite.
  • Focus pada kata kunci, maksud nya yaitu kita harus focus memberi nama pada halaman kita, jika halaman kita berisikan article atau blog tentang IT maka kita harus memberikan nama halaman tersebut yang berkaitan dengan article blog IT pada website kita.
  • Membuat url yang singkat dan sederhana, sehingga url dapat dengan mudah diingat dan pembaca, kita bisa menggunakan empat sampai dengan tujuh kata untuk url nya.
  • Gunakan subfolder bukan subdomain, maksudnya yaitu kita sebaiknya untuk mengatur content kita harus menggunakan subfolder seperti (domain.com/nama-folder/) bukan menggunakan subdomain seperti (nama-subdimain.domain.com), karena Search Engine memperlakukan subdomain sebagai entitas yang berbeda dan tidak dianggap memiliki hak level tinggi, maka dari itu kita lebih disarankan menggunakan subfolder, dan perlu kita ketahui yaitu bahwa subdomain di dalam mesin pencari sebagai website yang top-level.
  • URL statis lebih baik dari pada URL dinamis, seperti yang kita ketaui bahwa URL dinamis selalu mengandung tandatanya (?), tanda sama dengan (=) dan biasa dapat kita temukan pada halaman pencarian dan beberapa website-website besar, dan yang harus kita ketahui untuk Membuat URL SEO Friendly bahwa search engine tidak suka dengan halaman dengan URL dinamis karena selalu berubah-ubah, jika website kita masih menggunakan URL dinamis kita bisa menggunakan Google Webmaster Tools untuk dapat menyaring URL dengan penyesuaian parameter.

Nah jika teman-teman telah mengetahui atau telah memahami Cara Membuat URL SEO Friendly selanjutnya kita akan coba membuatnya dalam framework Codeigniter pada Cara Membuat URL SEO Friendly Menggunakan CodeIgniter part 2.

Oke teman-teman sekian dulu tutorial kita pada Cara Membuat URL SEO Friendly Menggunakan CodeIgniter part 1.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Cara Membuat URL SEO Friendly Menggunakan CodeIgniter part 2

WhatsApp chat