Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat validasi password lama dengan md5 php. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, untuk penjelasan yang akan saya berikan disini nantinya akan berguna untuk membuat fasilitas ubah password users di website yang kalian buat. Namun mengingat bentuk dari password yang disimpan didatabase berbentuk enkripsi md5, sedikit menyulitkan untuk kalian yang membutuhkan, namun pada contoh yang saya berikan disini untuk password tersebut masih saya buat statis dan jika mw dibuat dinamis yang diambil dari database maka tinggal kalian kembangkan lagi.

Sebelum saya mulai untuk pembuatan contohnya ada baiknya kalian perlu ketahui apa itu md5. md5 (Message-Digest algortihm 5) adalah fungsi hash kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash value 128-bit. Pada standart Internet (RFC 1321), md5 telah dimanfaatkan secara bermacam-macam pada aplikasi keamanan, dan MD5 juga umum digunakan untuk melakukan pengujian integritas sebuah berkas. Dan md5 di desain oleh Ronald Rivest pada tahun 1991 untuk menggantikan hash function yang sebelumnya yaitu md4, Pada tahun 1996.

Untuk membuat contohnya berikut tahapannya :

  • Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file dengan nama index.php, dan simpan didalam folder web server local.
  • Jika sudah selanjutnya ketikan seperti kode berikut :

  • Jika sudah save file index.php tersebut.

Sampai disini dan untuk penjelasan selanjutnya, akan saya jelaskan cara membuat validasi password lama dengan md5 php pada sesi berikutnya, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat