Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Cara Menambahkan Filter pada Query. Biasanya setelah data berada dalam database, kita dapat melakukan sesuatu terhadapnya. SQl digunakan untuk melakukan eksekusi pada data yang berada dalam database kita, misalkan kita mau menampilkan atau pencarian data maka kita dapat menggunakan query SELECT, atau kita mau menghapus data berarti kita menggunakan perintah DELETE, untuk memasukan data berarti kita menggunakan perintah INSERT, serta perintah UPDATE untuk melakukan perubahan data.

Oke, bukan hanya itu saja biasanya kita juga ingin memfilter atau menyaring data pada query kita. bertujuan untuk mengurangi ukuran dari himpunan hasil dan memastikan bahwa hasil hanya memuat rekaman – rekaman yang sesuai dengan kriteria tertentu. Cara ini dapat kita lakukan menggunakan klause WHERE pada statemen SELECT yang diikuti dengan satu atau lebih ekspresi kondisional. Berikut saya contohkan yang menampilkan id_pelawak dan nama_pelawak berdasarkan tempat asal.

mysql > SELECT Id_pelawak, Nama_pelawak FROM artis WHERE asal = ‘ jepang’ AND asal = ‘parsi’;

maka hasilnya akan tampil seperti di bawah ini,

Cara Menambahkan Filter pada Query

semua operator perbandingan standar dalam php didukung oleh SQL contoh tersebut mendemontrasikan penggunaan operator ekualitas ( = ). Contoh berikutnya akan mendemontrasikan operator lebih – besar – atau sama – dengan (>=) untuk menampilkan semua lagu dengan rating lebih dari atau sama dengan 4;

Cara Menambahkan Filter pada Query

mysql> SELECT judul_lagu, rating_lagu FROM lagu WHERE  rating_lagu >= 4;

Cara Menambahkan Filter pada Query

Oke bagaimana teman – teman Cara Menambahkan Filter pada Query cukup mudah bukan semoga bermanfaat.

 

 

WhatsApp chat