Pada ksempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mencatat jumlah pengunjung di website PHP. Sebelumnya perlu teman-teman ketahui, mungkin sebagian dari teman-teman pernah melihat hit counter di salah satu website yang teman-teman kunjungi, dimana fungsi dari hit counter tersebut adalah mencatat jumlah pengunjung di sebuah website yang teman-teman akan buat. Pada contoh di sini saya akan berikan contoh yang dimana setiap ada pengunjung website yang mengunjungi maka akan terhitung dan otomatis bertambah 1 yang di catat di file yang berinisial .txt atau notepad.

Mungkin beberapa teman-teman sudah pernah membuat nya dengan cara yang berbeda yaitu terintegrasi dengan database, maksud dari terintegrasi dengan database tersebut ialah mencatat jumlah pengunjung nya langsung tersimpan ke database, berbeda dengan cara yang saya jelaskan di sini, dimana jumlah pengunjung akan di catat atau di simpan ke dalam file .txt atau notepad. Lantas bagaimana cara membuatnya, langsung saja teman-teman bisa ikuti contoh yang saya berikan di bawah ini.

Contoh :

  • Jika teman-teman sudah memiliki website sebelumnya, bukalah file dengan nama index.php
  • Namun bagi teman-teman yang belum memiliki atau membuat website sebelumnya, buatlah file dengan nama index.php
  • Salin kode seperti di bawah ini :

  • Jangan lupa simpan, dan coba di browser teman-teman. Jika berhasil maka Angka Visitor akan bertambah 1 (satu) setiap pengunjung melakukan refresh halaman.
  • Pada File list_pengunjung.txt adalah file dimana untuk menyimpan data jumlah pengunjung, jika ingin mereset kembali buka saja file tersebut dan rubah angkanya menjadi 0 atau hapus file tersebut.

Sampai di sini penjelasan saya mengenai cara mencatat jumlah pengunjung di website PHP, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat