Hallo sobat program, bertemu lagi dengan saya Rizal. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan salah satu contoh fungsi pada php serta tips bagaimana cara menggunakan fungsi tersebut. Dan untuk pembahasan sekarang saya berikan judul Cara Mengechek Data Pada Array Menggunakan PHP.

Pada pemrograman PHP disediakan beberapa fungsi dalam sebuah array, dan salah satunya adalah untuk mengecheck data pada array yaitu in_array(). jadi sebenarnya fungsi in_array() pada php ini bertujuan untuk mencari nilai dalam array. Nah kita bisa menggunakan fungsi ini untuk mengecheck nilai didalam sebuah array kira kira seperti itu.

Oke untuk lebih paham lagi mari kita mulai praktek tentang Cara Mengechek Data Pada Array Menggunakan PHP. pertama silahkan teman-teman ketik kode HTMLnya seperti pada contoh dibawah ini :

Jika sudah, langkah selanjutnya kita buat sebuah array dan sebuah kode proses ketika sebuah tombol pada form tersebut mempunyai aksi atau saat diklik akan melakukan perintah pencarian pada sebuah array tsb. Dan untuk kode PHP nya silahkan ketik pada contoh dibawah ini :

Jika sudah, silahkan jalankan pada localhost teman-teman dan jika berhasil maka akan menampilkan sebuah form lalu ketika form itu diisi dan diklik tombol cari maka otomatis akan mencari nilai yang dimasukan apakah ada pada sebuah array tsb atau tidak. Dan hasil nya akan menjadi seperti pada contoh dibawah ini :

Cara Mengechek Data Pada Array menggunakan PHP

Oke sangat paham ya teman-teman dari pembahasan kali ini tentang Cara Mengechek Data Pada Array Menggunakan PHP. jadi contoh sederhana dari fungsi in_array() seperti itu dan silahkan teman-teman explore lagi.

Oke kalau begitu sekian pembahasan kali ini tentang Cara Mengechek Data Pada Array Menggunakan PHP. semoga dapat sangat bermanfaat buat teman-teman dan sampai bertemu pada tutorial atau pembahasan selanjutnya.

Terimakasih

WhatsApp chat