Tutorial MySQL ini menjelaskan Cara Menggunakan Kondisi MySQL LIKE dengan sintaks dan contoh.

Deskripsi
Kondisi MySQL LIKE memungkinkan wildcard untuk digunakan dalam klausa WHERE dari perintah SELECT, INSERT, UPDATE, atau DELETE. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan pencocokan pola.
Syntax

Syntax untuk fungsi kondisi MySQL LIKE adalah:

 

 

Penjelasan Parameter
expression
Sebuah ekspresi karakter seperti kolom atau field.
pattern
Sebuah ekspresi karakter yang berisi pencocokan pola. Pola yang dapat Anda pilih adalah:
Wildcard Explanation
% Memungkinkan Anda mencocokkan string dengan panjang apapun (termasuk panjang nol)
_ Memungkinkan Anda untuk mencocokkan pada satu karakter
escape_charackter
Pilihan. Ini memungkinkan Anda untuk menguji contoh harfiah karakter wildcard seperti% atau _. Jika Anda tidak memberikan escape_character, MySQL mengasumsikan bahwa “\” adalah escape_character.
Contoh – Menggunakan wildcard % (wildcard tanda persen)

Contoh MySQL LIKE pertama yang akan kita lihat melibatkan penggunaan wildcard% (tanda persen wildcard).

Mari kita jelaskan bagaimana% wildcard bekerja dalam kondisi LIKE MySQL. Kami ingin menemukan semua pelanggan yang nama terakhirnya diawali dengan ‘Sm’.

Anda juga dapat menggunakan% wildcard beberapa kali dalam string yang sama. Sebagai contoh,

Dalam contoh kondisi LIKE LIKE ini, kami mencari semua pelanggan yang last_name berisi karakter ‘it’.

 

Contoh – Menggunakan wildcard _ (wildcard underscore)

Selanjutnya, mari kita jelaskan bagaimana wildcard (underscore wildcard) bekerja dalam kondisi LIKE MySQL. Ingat bahwa _ wildcard hanya mencari satu karakter.

Sebagai contoh:

Contoh kondisi MySQL LIKE ini akan mengembalikan semua pemasok yang supplier_name-nya adalah 5 karakter, di mana dua karakter pertama adalah ‘Sm’ dan dua karakter terakhir adalah ‘th’. Misalnya, bisa mengembalikan pemasok yang supplier_name adalah ‘Smith’, ‘Smyth’, ‘Smath’, ‘Smeth’, dll.

Berikut adalah contoh lain:

Anda mungkin menemukan bahwa Anda mencari nomor rekening, tapi Anda hanya memiliki 5 dari 6 digit. Contoh di atas, akan mengembalikan 10 catatan kembali (di mana nilai yang hilang bisa sama dengan apapun dari 0 sampai 9). Misalnya, bisa mengembalikan pemasok yang nomor rekeningnya:

123450, 123451, 123452, 123453, 123454, 123455, 123456, 123457, 123458, 123459

Contoh – Tidak menggunakan operator (tanpa wildcard)

Selanjutnya, mari kita lihat bagaimana Anda akan menggunakan NOT Operator dengan wildcard.

Mari kita gunakan% wilcard dengan NOT Operator. Anda juga bisa menggunakan kondisi LIKE MySQL untuk mencari supplier yang namanya tidak diawali dengan ‘G’.

Sebagai contoh:

Dengan menempatkan NOT Operator di depan kondisi LIKE LIKE, Anda dapat mengambil semua pemasok yang supplier_name tidak diawali dengan ‘G’.

 

Contoh – Menggunakan Karakter Pelarian

Penting untuk memahami bagaimana “Escape Characters” saat pencocokan pola. Contoh-contoh ini berhubungan secara khusus dengan karakter yang melarikan diri di MySQL.

Misalkan Anda ingin mencari karakter% atau _ dalam kondisi SEPERTI MySQL. Anda bisa melakukan ini dengan menggunakan karakter Escape.

Harap dicatat bahwa Anda hanya dapat menentukan karakter pelarian sebagai karakter tunggal (panjang 1).

Sebagai contoh:

 

Karena kita tidak menentukan karakter escape, MySQL mengasumsikan bahwa “\” adalah karakter escape. MySQL kemudian mengasumsikan bahwa karakter escape adalah “\” yang menghasilkan MySQL yang memperlakukan karakter% sebagai huruf biasa bukan wildcard. Pernyataan ini kemudian akan mengembalikan semua pemasok yang supplier_name adalah G%.

Kita bisa mengesampingkan karakter escape default di MySQL dengan menyediakan pengubah ESCAPE sebagai berikut:

Contoh kondisi MySQL LIKE ini mengidentifikasi! karakter sebagai karakter pelarian Yang! Karakter escape akan mengakibatkan MySQL memperlakukan karakter% sebagai literal. Akibatnya, pernyataan ini juga akan mengembalikan semua pemasok yang supplier_name adalah G%.

Berikut adalah contoh lain yang lebih rumit dengan menggunakan karakter escape dalam kondisi LIKE MySQL.

 

Contoh kondisi LIKE LIKE ini mengembalikan semua pemasok yang namanya dimulai dengan H dan berakhir pada%. Misalnya, ia akan mengembalikan nilai seperti ‘Halo%’. Karena kita tidak menentukan karakter pelarian dalam kondisi LIKE, MySQL mengasumsikan bahwa karakter escape adalah “\” yang menghasilkan MySQL yang memperlakukan karakter% kedua secara literal dan bukan wildcard.

Kita bisa memodifikasi kondisi LIKE ini dengan specfying karakter escape seperti berikut:

Contoh kondisi LIKE LIKE ini mengembalikan semua pemasok yang namanya dimulai dengan H dan berakhir dengan% literal. Misalnya, ia akan mengembalikan nilai seperti ‘Halo%’.

Anda juga bisa menggunakan karakter escape dengan karakter _ dalam kondisi LIKE MySQL.

Sebagai contoh:

Sekali lagi, karena tidak ada pengubah ESCAPE yang disediakan, MySQL menggunakan “\” sebagai karakter pelarian yang menghasilkan karakter untuk diperlakukan sebagai huruf biasa dan bukan wildcard. Contoh ini kemudian akan mengembalikan semua pemasok yang supplier_namenya dimulai dengan H dan berakhir pada _. Misalnya, ia akan mengembalikan nilai seperti ‘Hello_’.

WhatsApp chat