Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Cara menggunakan Metode GET dan POST Pada Ajax JQuery, pada dasarnya ada empat metode yang dapat kota gunakan untuk melakukan request ajax diantaranya yaitu metode load, post, get, dan ajax. Namun pada tutorial kali ini kita akan membahas dua metode saja yakni metode GET dan POST pada ajax jquery. Secara fungsi antara get dan post memiliki fungsi yang hampir sama yaitu sama-sama berfungsi untuk mengirim data namun jika kita menggunakan get maka hasil data yang dikirimkan tersebut akan terlihat pada url sedangkan post data yang dikirimkan tidak akan di tampilkan pada url, nah itulah perbedaan dasar dari kedua method tersebut.

Cara menggunakan Metode GET dan POST Pada Ajax JQuery kita akan membuat sebuah contoh sederhana seperti di bawah ini :

  • Langkah pertama silahkan teman-teman sebuah file dengan nama php didalam file tersebut kita akan masukan script seperti dibawah ini :

  • Kemudian kita akan membuat sebuah file dengan nama data.php untuk menampilkan hasil dari responnya seperti di bawah ini :

Ket :

Pada script diatas terdapat event onclick, jadi pada saat event tersebut kita klik maka fungsi yang terdapat didalamnya akan dijalankan kemudian hasil respon tersebut akan di tampilkan pada file data.php, untuk  script diatas kita menggunakan method GET untuk request datanya.

Jika kita jalankan pada browser maka akan terlihat hasilnya seperti di bawah ini :

Cara menggunakan Metode GET dan POST Pada Ajax JQuery

Berikutnya kita juga bisa menggunakan event change untuk menjalankan hasil dari responnya seperti dibawah ini :

Selanjutnya untuk hasil requestnya seperti dibawah ini :

Jika kita jalankan pada browser kemudian jika kita pilih data yang terdapat pada select optionnya maka data tersebut akan di tampilkan seperti di bawah ini :

Cara menggunakan Metode GET dan POST Pada Ajax JQuery

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Cara menggunakan Metode GET dan POST Pada Ajax JQuery.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

WhatsApp chat