Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan phpmailer di php part1. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, phpmailer adalah salah satu library php yang bisa teman-teman gunakan untuk mengirim email. Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah menggunakan library php yang satu ini. Fungsi PHP mail () biasanya mengirimkan melalui server mail lokal, biasanya digawangi oleh sendary binary pada platform Linux, BSD dan OS X, namun, Windows biasanya tidak menyertakan server mail lokal; Implementasi SMTP terintegrasi PHPMailer memungkinkan pengiriman email pada platform Windows tanpa server mail lokal. Banyak pengembang-pengembang Website menggunakan feature email dalam kode mereka. Salah satu fungsi PHP yang mendukung ini adalah fungsi mail(). Namun fungsi tersebut tidak memberikan bantuan apa pun untuk memanfaatkan fitur-fitur populer seperti dalam penyertaan lampiran maupun style template yang berbasis HTML. Untuk membuatnya kalian bisa ikuti tahapan yang saya berikan dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Terlebih dahulu teman-teman bisa mendownload library tersebut di github, berikut linknya https://github.com/PHPMailer/PHPMailer
  • Jika sudah didownload selanjutnya teman-teman bisa extract folder tersebut kedalam root folder project kalian
  • Jika sudah selanjutnya buat satu buah file baru dengan nama index.php, atau jika sudah buka file index.php tersebut
  • Ketikan atau tambahkan kode seperti berikut :
  • Jika sudah simpan terlebih dahulu file index.php tersebut.

Untuk pembahasan selanjutnya, akan saya jelaskan cara menggunakan phpmailer di php part1 pada sesi berikutnya, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat