Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan tabel prefix mysql di PHP. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya tabel prefix adalah inisial awalan nama tabel database yang ditujukan untuk mengamankan database teman-teman dari serangan injeksi SQL.Mungkin teman-teman sudash sering melakukan instalasi CMS seperti Magento, WordPress, dll, dimana pada saat teman-teman melakukan instalasi CMS tersebut maka akan ada pilihan untuk menentukan nama untuk awalan tabel MySQL yang akan digunakan dengan database MySQL aplikasi teman-teman. Awalan ini akan ditambahkan ke semua tabel dalam database aplikasi secara automatis. Menambahkan awalan semacam itu dapat meningkatkan keamanan aplikasi teman-teman karena ini adalah metode atau cara melakukan perlindungan terhadap serangan seperti injeksi SQL yang dilakukan oleh hacker.

Namun sangat disayangkan sekali, di dalam aplikasi phpmyadmin mysql belum tersedianya fasilitas untuk membuat tabel prefix secara otomatis, akan tetapi jika teman-teman mau membuatnya cukup mudah, yaitu cukup membuat tabel secara manual dengan inisial nama awalan tabel yang sama, seperti contoh nya saya memiliki tiga buah tabel database dengan nama tabel produk, kategori_produk, orders, dari ketiga tabel tersebut saya rubah namanya masing-masing menjadi br4m_produk, br4m_kategori_produk, br4m_orders. Dan seperti yang terlihat pada perubahan nama masing-masing tabel yang saya lakukan dimana pada inisial nama br4m_ adalah nama prefix tabelnya, dan dari nama tersebut saya gunakan untuk memanipulasi hacker dalam melakukan serangan injeksi SQL.

Tidak hanya itu, teman-teman juga bisa memanfaatkan prefix tabel tersebut di file koneksi database yang menghubungkan website teman-teman untuk menyamarkan tabel database teman-teman dari serangan injeksi SQL, terlihat seperti contoh pada file config.php yang terdapat di WordPress.

seperti berikut :

Seperti yang terlihat pada kode ($table_prefix = ‘wp_’;) di atas, pada variabel tersebut dimana dapat digunakan pada query mysql di php dan nilai dari variabel tersebut adalah nama prefix tabel yang sebelumnya sudah saya jelaskan pada contoh 3 tabel yang saya rubah.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menggunakan tabel prefix mysql di PHP, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat