Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara merubah maximum execution time exceeded di xampp. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, untuk pesan maximum execution time yang mungkin pernah teman-teman jumpai ketika dalam proses upload dilocalhost maupun di website yang sudah online ada pada file php.ini yang bertujuan untuk memaksa kode php supaya terhenti ketika waktu tunggu proses lebih dari 30 detik, selain itu tujuannya adalah untuk meringankan kinerja sumber daya sistem seperti processor supaya tidak bekerja begitu keras.

Biasanya pesan error tersebut muncul ketika melakukan upload sekaligus penginstalan baik itu plugins maupun themes dari CMS wordpress, namun tentunya pesan tersebut sangat mengganggu, dikarenakan tidak semua plugins serta themes wordpress membutuhkan waktu tunggu selama 30detik, bahkan sebagian membutuhkan waktu yang lebih dari 1 menit, maka dari itu teman-teman perlu merubah waktu execution tersebut.

Namun teman-teman tidak perlu khawatir, karena untuk merubahnya cukup mudah. Teman-teman cukup merubahnya di file php.ini yang ada di dalam folder PHP web server local xampp.

Berikut tahapannya :

  • Teman-teman buka file php.ini yang ada di directory C:\\xampp\php\php.ini dengan tools pemrograman teman-teman seperti sublime text, notepad++, dll.
  • Setelah itu cari kode yang terkait dengan max_execution_time = 30 , ubah nilai 30 tersebut dengan hitungan detik.
  • Jika sudah teman-teman save file tersebut, dan restart Apache melalui Control Panel xampp.
  • Jika sudah teman-teman bisa mencobanya dengan melakukan upload yang membutuhkan waktu lebih dari 30detik.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara merubah maximum execution time exceeded di xampp, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat