Hallo teman-teman, kali ini kita akan belajar bagaimana cara multiple upload dengan PHP dan Mysql. Jadi kalian bisa mengupload file lebih dari satu sekaligus namun tetap dalam satu inputan. Jadi kalian bisa menghemat waktu apabila ingin mengupload banyak file daripada harus satu persatu. Caranya kurang lebih sama dengan upload biasa, namun ada beberapa tambahan pengaturan pada HTML dan logic PHP untuk upload file lebih dari satu. Oke langsung saja kita mulai prakteknya, pada contoh kali ini kita akan mencoba upload file gambar. Pertama kalian buat terlebih dahulu databasenya yang akan menjadi tempat menampung datanya seperti gambar dibawah ini.

1

Selanjutnya buat file config php ke databasenya.

config.php

Kemudian buat file HTML beserta fungsi PHPnya seperti ini.

multiple.php

Setelah kalian save, kalian harus buat folder baru untuk menyimpan gambar yang akan diupload nanti, nama foldernya adalah img. Letaknya struktur foldernya seperti gambar dibawah ini.

7

Jika sudah coba buka dibrowser kalian dengan mengakses lewat localhost. Maka hasilnya akan seperti ini.

Pilih gambar yang akan diupload

2

3

4

Jika berhasil maka akan muncul notif seperti gambar dibawah ini.

5

Kalian bisa check database dan folder kalian apakah nama gambarnya telah masuk ke dalam database dan gambar juga sudah pindah ke dalam folder img.

6

Poin penting yang kalian harus perhatikan adalah pada file HTML kalian. Pada bagian form harus kalian sisipkan attribut enctype=”multipart/form-data”

Agar form dapat membaca input yang bertipe file. Kemudian juga kalian harus tambahkan attribut multiple agar file input bisa lebih dari satu upload.

Sekian pembahasan mengenai cara multiple upload dengan PHP dan Mysql. Semoga bermanfaat,

WhatsApp chat