Halo teman-teman pada tutorial Object Oriented Programming kali ini saya akan membahas tentang  Cara Penggunaan Constructor dan Destructor pada OOP, sebelum kita melangkah lebih jauh kita harus mengetahui terlebih dahulu tantang Constructor dan Destruct tersebut, secara konsep method Constructor dan Destruct merupakan method yang secara otomatis yang dijalankan pada saat kita melakukan proses  instansiasi dari class yang dirubah menjadi object, biar lebih jelasnya saya akan bahas dulu tentang Constructor, Constructor merupakan sebuah method khusus yang dapat dijalankan secara otomatis pada saat object yang kita buat seperti instansiasi dan pada saat perintah new dijalankan, dan Constructor bisa juga digunakan untuk membuat sebuah proses awal untuk melakukan persiapan object, seperti memberikan nilai awal yang terdapat pada property.  Pada constructor kita menggunakan sebuah method : __construct(). Seperti script yang terdapat dibawah ini.

Berikutnya kita akan bahas tentang Destructor, Destructor merupakan method khusus yang dapat dijalankan secara otomatis pada saat sebuah object dihapus.

Destructor biasanya digunakan untuk membersihkan beberapa variable, atau menjalankan proses tertentu sebelum object tersebut dihapus.

Pada destructor menggunakan method : __destruct(), seperti script yang ter dapat dibawah ini.

Jadi kesimpulan nya perbedaan antara Constructor dan Destruct adalah constructor akan dijalankan secara otomatis pada awal proses, atau sebelum semua proses dijalankan, sedangkan destructor akan dijalankan pada proses paling akhir setelah semua proses atau perintah dalam sebuah class selesai dijalankan.

Untuk Cara Penggunaan Constructor dan Destructor pada OOP teman-teman bisa simpan script yang terdapat dibawa ini, dengan nama mobil.php

Jika kita jalankan pada browser maka hasilnya seperti dibawah ini.

cara-penggunaan-constructor-dan-destructor-pada-oop

Oke teman-teman cukup mudah bukan tentang Cara Penggunaan Constructor dan Destructor pada OOP-nya, sekian dulu tutorial saya kali ini tentang Cara Penggunaan Constructor dan Destructor pada OOP. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

WhatsApp chat