Konstanta merujuk pada nilai-nilai tetap yang tidak dapat diubah oleh program selama pelaksanaannya. Nilai-nilai tetap ini juga disebut literal. Konstanta dapat berupa tipe data dasar seperti konstanta integer, konstanta floating, konstanta karakter, atau string literal. Ada juga konstanta enumerasi. Konstanta diperlakukan seperti variabel biasa kecuali bahwa nilainya tidak dapat dimodifikasi setelah definisi mereka.

Literal Integer

Integer literal dapat berupa konstanta desimal, oktal, atau heksadesimal. Awalan menentukan basis atau radix: 0x atau 0X untuk heksadesimal, 0 untuk oktal, dan tidak ada untuk desimal. Literal integer juga dapat memiliki akhiran yang merupakan kombinasi dari U dan L, untuk unsigned dan long, masing-masing. Akhiran bisa huruf besar atau kecil dan bisa dalam urutan apa pun.

Berikut adalah beberapa contoh literal bilangan bulat –

Cara Penggunaan Konstanta dalam Golang

Berikut ini adalah contoh lain dari berbagai jenis literal Integer –

Cara Penggunaan Konstanta dalam Golang

Literal floating point

Sebuah floating-point literal memiliki bagian integer, titik desimal, bagian fraksional, dan bagian eksponen. Anda dapat mewakili literal floating point baik dalam bentuk desimal atau bentuk eksponensial.

Saat mewakili menggunakan bentuk desimal, Anda harus memasukkan titik desimal, eksponen, atau keduanya dan saat mewakili menggunakan bentuk eksponensial, Anda harus menyertakan bagian bilangan bulat, bagian fraksional, atau keduanya. Eksponen yang ditandatangani diperkenalkan oleh e atau E.

Berikut adalah beberapa contoh literal floating point

Cara Penggunaan Konstanta dalam Golang

String Literal dalam Go

String literal atau konstanta terlampir dalam tanda kutip ganda “”. String berisi karakter yang mirip dengan literal karakter: karakter polos, urutan pelarian, dan karakter universal. Anda dapat memecah garis panjang menjadi beberapa garis menggunakan string literal dan memisahkannya menggunakan spasi putih.

Berikut adalah beberapa contoh string literal. Ketiga bentuk ini adalah string yang identik.

Kata kunci const

Anda dapat menggunakan awalan const untuk mendeklarasikan konstanta dengan tipe tertentu sebagai berikut –

Contoh berikut menunjukkan cara menggunakan kata kunci const –

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Cara Penggunaan Konstanta dalam Golang semoga bermanfaat.

 

WhatsApp chat