Halo teman-teman pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Penggunaan Namespace Pada OOP. Namespace Pada OOP merupakan sebuah fitur yang terdapat pada PHP yang berfungsi untuk menghindari terjadinya sebuah kesalahan atau error ketika kita membuat sebuah nama class yang sama, dan Namespace juga berfungsi untuk merubah nama class yang sama, dan kita dapat merubahnya dengan nama yang berbeda, jika kita telah menggunakan framework tentu kita banyak menggunakan nama class dan terkadang terdapat nama class yang sama, dan untuk mengantisipasinya supaya tidak terjadi error kita menggunakan yang namanya Namespace.

Biar teman teman lebih paham lagi tentang Namespace kita langsung saja masuk ke study casenya tentang Cara Penggunaan Namespace Pada OOP.

Langkah pertama silahkan teman teman buka text editornya dan simpan script dibawah ini dengan nama Namespace.php, dan coba teman-teman perhatikan pada script yang terdapat dibawah ini

Pada script yang terdapat diatas kita menggunakan nama class yang sama dan jika kita tampilkan pada browser maka hasilnya akan akan terjadi error seperti dibawah ini.

cara-penggunaan-namespace-pada-oop

Dan pesan error yang terdapat diatas menandakan bahwa tidak boleh ada nama class yang sama, dan supaya tidak terjadi error maka kita menambahkan namespace, diatas masing-masing classnya seperti script yang terdapat dibawah ini.

Selanjutnya untuk mencetak atau menampilkan hasil dari script yang terdapat diatas kita akan menggunakan namespace dan cara nya seperti dibawah ini

Jika jalankan pada browser maka akan terlihat hasilnya, akan seperti diabawah ini dan tidak akan terjadi error,

cara-penggunaan-namespace-pada-oop

dan kita juga dapat menampilkannya dengan menggunakan keyword use dan as seperti dibawah ini,

jika dijalankan pada browser maka hasilnya akan sama dengan dengan yang sebelumnya.

Oke bagai mana teman teman cukup mudah bukan, tentang Cara Penggunaan Namespace Pada OOP nya, sekian dulu tutorial saya kali ini semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Cara Penggunaan Namespace dan Autoload pada OOP

WhatsApp chat