Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara set default versi php di windows. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Penjelasan ini bermula dari trouble yang saya temukan pada saat saya sedang mengintal Framework Laravel, Dimana saya ingin menginstal Laravel dengan versi yang terbaru namun mengingat dengan persyaratan utama dari Framework tersebut dimana minimum versi php yang dapat digunakan untuk menggunakan versi dari Laravel yang terbaru ialah minimum php 7.0, sedangkan versi php yang saya miliki ialah versi 5.6.4. Langsung saja tidak menunggu lama akhirnya saya install xampp dengan versi php yang terbaru dilokasi windows yang lain sebagai root folder xampp nantinya, setelah instalasi xampp tersebut berjalan dengan lancar, saya coba menginstal Laravel via Command Line dengan harapan saya mendapatkan instalasi versi Laravel yang terbaru.

Namun sayangnya versi Laravel tersebut yang terinstal yaitu versi 5.4 yang support denganĀ  php versi 5.6.4, setelah saya cari permasalah tersebut ternyata pada saat proses instalasi Laravel berjalan akan membaca versi php secara otomatis yang tersedia di windows, dan yang terbaca ialah versi yang 5.6.4. Penasaran dengan permasalah tersebut akhirnya saya cek versi php melalui command prompt dengan mengetikan php -v dan ternyata benar, meskipun saya sudah melakukan instalasi xampp dengan versi php yang terbaru ternyata untuk mendaftarkan versi php yang terdaftar di windows harus dengan cara memasukan directory lokasi php kedalam PATH Environment Variables. Setelah saya coba ternyata benar, permasalah tersebut ialah directory yang terdapat di PATH Environment tersebut ialah directory php versi yang lama, dan untuk teman-teman yang menekukan kendala yang sama dengan saya, untuk melakukan penambahan directory kedalam PATH Environment tersebut bisa ikuti tahapan yang saya berikan dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Teman-teman klik Start Windows -> Control Panel -> System and Security -> System -> Advanced System Settings
  • Pada kotak popup Windows yang muncul, pilih tombol yang bertuliskan Environment Variables
  • Pada bagian kotak User Variables For Name_Computer cari Variable PATH, klik tombol Edit, dan masukan dengan directory PHP kalian seperti contoh berikut C:\xampp\php;

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara set default versi php di windows, semoga bermanfaat.