Data database dapat diekspor ke berbagai format file seperti CSV, Excel, SQL. Dalam tutorial ini, kita akan membuat contoh PHP untuk mengekspor data database ke file excel. Kita dapat mengekspor hasil database menjadi beberapa file excel. Untuk yang ingin belajar cara mengeksport data database ke file excel, silahkan simak artikel saya ini.

 

Script di bawah ini merupakan script HTML menampilkan hasil ekspor data dari database. Data dari database akan di tampung menggunakan PHP array yang kemudian bisa ditampilkan secara dinamis. Data di bawah ini merupakan hasil dari database, data table yang saya buat akan mempunyai tombol eksport dalam ke berbagai format seperti CSV, Excel, PDF, dan lainnya.

Berikut CSS dari tampilan HTML di atas,

Script PHP untuk Membuat Eksport Data ke Excel

Dalam  PHP, kondisi if memeriksa apakah ada action triggered export. Dengan mengklik tombol eksport, parameter action akan diposting ke PHP menggunakan method permintaan POST melalui form HTML. Parameter permintaan ini diperiksa dengan pernyataan kondisional. Jika pernyataan itu mengembalikan nilai benar maka kode PHP untuk mengekspor data  akan dieksekusi.

DBController.php

DBcontroller kelas PHP digunakan untuk mengkoneksi ke database dan menjalankan queri pemilihan untuk mendapatkan hasil database. Fungsi runQuery () mengambil data database produk dan menyimpannya ke dalam array PHP.

Hasil Eksport Database ke excel- Output

Hasil berikut merupakan hasil screenshot dari sebuah export data dari database,

Eksport Data Database ke File Excel menggunakan PHP