Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Fungsi function index() pada codeigniter,  Function index merupakan function yang pertama kali diakses, dan function index juga merupakan fungsi default, jika saat memanggil class tanpa menyebutkan fungsinya. sebagai contohnya jika didalam php umumnya jika kita membuat sebuah folder dan didalam folder tersebut terdapat sebuah file index. php jika kita jalankan pada browser maka akan langsung terhubung ke halaman index.php, nah begitu juga dengan controller jika kita mengakses suatu controller yang memiliki yang function index maka controller yang dipilih akan langsung memproses function index nya terlebih dahulu, jadi function index yaitu function yang pertama kali diakses, setelah function index diakses barulah function-function yang lain akan diakses.

Sebagai contoh url seperti dibawah ini :

ketika kita mengakses sebuah folder yang bernama codeigniter maka yang akan tampil adalah seperti dibawah ini :

Fungsi function index() pada codeigniter

Namun jika kita menambahkan index.php di belakan folder seperti contoh dibawah ini :

maka hasil yang akan ditampilkan pada browser tersebut akan sama dengan url pada contoh yang pertama, nah jadi jika kita menggunakan sebuah function index pada controller maka file atau proses yang pertama kali di jalan kan yaitu function index. Sebagai contoh kita akan membuat sebuah controller seperti dibawah ini.

Jika kita mengakses url seperti dibawah ini

maka yang akan tampil adalah perintah yang terdapat pada function index, dan nama barang yang terdapat pada urlnya yaitu merupakan nama dari controllernya, pada function index kita tidak perlu mengetik kan nama function nya, namun jika kita mengetikan nama function nya maka hasilnya akan tetap sama. kecuali jika kita ingin mengakses function yang lain maka kita harus menambahkan nama function-nya setelah nama contorllernya seperti dibawah ini :

nah begitu juga dengan function delete seperti dibawah ini :

nah biar  teman-teman lebih paham lagi tentang Fungsi function index() pada codeigniter kita akan mencoba menjalankan script diatas pada bowser maka hasilnya seperti dibawah ini:

hasil dari function index() :

Fungsi function index() pada codeigniter

Hasil dari function edit():

 Fungsi function index() pada codeigniter

Hasil dari function delete():

Fungsi function index() pada codeigniter

Nah itulah Fungsi function index() pada codeigniter, sekian dulu tutorial kita kali ini tentang Fungsi function index() pada codeigniter.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

WhatsApp chat