Artikel ini adalah lanjutan dari fungsi-fungsi PHP yang dapat memanipulasi string seperti fungsi Ucword dan Ucfirst. Pada artikel kali ini kita akan mencoba membahas salah satu fungsi yang serupa yaitu fungsi lcfirst pada PHP. Apa itu lcfirst ?. Lcfirst adalah fungsi php yang dapat memanipulasi string pada umumnya. Jika ucword untuk membuat string menjadi huruf besar pada tiap awal kata dan ucfirst merubah huruf awal kata pertama saja yang menjadi besar. Maka lcfirst adalah kebalikanya. Fungsinya yaitu untuk merubah string pada awal kata menjadi huruf kecil.

Misalnya, kita mempunyai sebuah string yang isinya adalah INI ADALAH STRING. Jika kalian menggunakan fungsi lcfirst, maka string tersebut akan berubah menjadi iNI ADALAH STRING. Seperti itu kira-kira gambaran tentang hasil dari fungsi lcfirst. Lalu bagaimana cara penulisanya pada PHP ?. Cara kurang lebih sama dengan fungsi ucword dan ucfirst. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan string mana yang akan kalian olah kalimatnya. Kemudia, string tersebut harus dikurung dalam fungsi lcfirst.

Agar lebih mudah di cerna pemahamanya, kalian bisa ikuti contoh code dibawah ini. Buatlah file berformat php terlebih dahulu lalu kalian bisa salin contoh code dibawah ini.

lcfirst.php

Setelah sudah, kalian simpan filenya dengan format php. Dan jangan lupa untuk menyimpanya didalam folder htdocs kalian ya. Untuk melihat hasilnya kalian harus buka lewat browser kesayangan kalian, kemudian ketikan localhost/nama_folder/nama_file yang kalian buat tadi. Jika berhasil maka hasilnya akan seperti ini.

Hasilnya akan seperti gambar diatas. Awalan pada kata pertama akan menjadi huruf kecil. Itu karena kita telah memberikan fungsi lcfirst pada string kita. Kalian bisa fokus pada script dibawah ini.

Seperti itu penulisan lcfirst. Kalian bisa modifikasi lagi dengan memberikan variabel pada lcfirst jika mau. Jadi nanti hasilnya seperti ini.

Dengan variabel kita bisa buat lebih dinamis lagi, sehingga kata yang kita ubah dalam variabel akan otomatis lcfirst juga akan mengikuti sesuai dengan apa yang dirubah.

Mudah bukan ?

Sekian pembahasan mengenai fungsi lcfirst pada PHP. Semoga bermanfaat.

 

WhatsApp chat