Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Kalender menggunakan PHP AJAX dengan Plugin Kalender CLNDR. Plugin CLNDR digunakan untuk membuat antarmuka kalender di halaman web.  CLNDR adalah plugin jQuery yang digunakan untuk membuat UI kalender tanpa menentukan markup HTML. Tampilan kalender yang dibuat oleh plugin ini dipetakan dengan event mouse untuk bolak-balik dengan hari kalender, bulan dan tahun.

Di UI kalender, tanggal yang memiliki event disorot. Peristiwa yang disimpan dalam tabel database diambil dengan memilih tanggal dari UI kalender. Fungsi AJAX akan memanggil PHP untuk mengambil peristiwa pada tanggal yang dipilih. Kode PHP akan merespons dengan data JSON ke panggilan AJAX. Dalam callback sukses AJAX, respons data JSON diuraikan dan ditampilkan ke browser.

Halaman Arahan untuk Memuat Kalender CLNDR

Di halaman landing, kontainer div digunakan untuk merencanakan output kalender UI yang dibuat oleh plugin CLNDR. ID kontainer DIV target ini digunakan saat menginisialisasi plugin CLNDR. Juga, elemen div digunakan untuk menampilkan event berdasarkan tanggal yang dipilih. Awalnya, wadah event akan kosong dan dimuat secara dinamis oleh AJAX saat memilih tanggal. Kode ini menunjukkan wadah HTML yang digunakan untuk memuat UI kalender yang dibuat secara dinamis dan untuk menampilkan acara.

Menyoroti event Tanggal  dan Menampilkan event pada Tanggal yang Dipilih menggunakan AJAX

Kode ini digunakan untuk menginisialisasi fungsi pustaka CLNDR dengan mengatur parameter. Dalam contoh ini, opsi CLNDR seperti event, klikEvents digunakan. Pilihan peristiwa akan memiliki larik acara yang tersedia. Ini akan berguna untuk menyorot tanggal kalender yang memiliki acara. Pada peristiwa klik dari elemen kalender, panggilan AJAX akan dikirim ke getEventByDate.php dengan meneruskan tanggal yang dipilih. PHP menerima param tanggal dan mengambil peristiwa dari database.

File PHP untuk Dapatkan event untuk Kalender CLNDR

File getEventList.php digunakan untuk mengambil semua event yang tersedia untuk menyorot event tanggal. GetEventByDate.php adalah mengambil event pada tanggal tertentu. Kode untuk file-file ini tercantum di bawah ini.

database Tabel Skrip

Manajemen event PHP dengan jQuery Week Calendar-Output

Screenshot ini menunjukkan kalender yang dibuat oleh plugin CLNDR. Hari-hari yang disorot berisi event dalam database. Saat mengklik hari yang disorot, event pada hari itu akan dicantumkan di bawah kalender.

Kalender menggunakan PHP AJAX dengan Plugin Kalender CLNDR

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Kalender menggunakan PHP AJAX dengan Plugin Kalender CLNDR.

WhatsApp chat