Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang apa saja Keunggulan Framework Laravel Dari Framework PHP Lainnya, Laravel merupakan sebuah Framework atau kerangka kerja yang berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP yang dirilis pertama kali oleh Taylor Otwell dibawah lisensi MIT, yang bersifat open source.

Bahasa pemrograman laravel dibangun dengan menggunakan konsep MVC yaitu singkatan dari (Model View dan Controller), dimana konsep tersebut merupakan sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan antara logical, manipulation data dan tampilan. Jika teman-teman ingin menggunakan laravel dan menginstall laravel teman-teman harus menggunakan PHP version minimal 7.1.3 jadi jika php yang teman-teman gunakan sebelumnya menggunakan versi dibawah 7.1.3 maka laravel yang teman-teman gunakan atau yang teman-teman install akan terdapat error untuk mendapatkan versi PHP terbaru teman-teman dapat mendownload pada https://www.apachefriends.org/download.html teman-teman bisa install sesuai dengan operating system yang teman-teman gunakan minimal versi 7.1.3.

Berikut merupakan Keunggulan Framework Laravel Dari Framework PHP Lainnya diantaranya yaitu :

  1. Terstruktur

Pada framework laravel memilki konsep MVC yang lebih terstruktur, disiplin, dan konsisten jika dibandingkan dengan konsep MVC pada framework lainnya

  • Terdapat fitur-fitur terbaru dari PHP

Salah satu fitur yang membedakan kerangka kerja laravel dengan yang lain yaitu pada laravel menggunakan semua fitur terbaru yang ditawarkan PHP seperti Namespace, Interface, Overloading, fungsi Anonim dan sintags array yang lebih pendek.

  • Memilki documentasi yang lengkap

Documentasi yang lengkap dan terperinci sesuai dengan versinya mulai dari pembahasan penggunaan, pengkodean, metode, kelas, library dan masih banyak lagi

  • Support Composer

Composer merupakan salah satu dependensi manager untuk php yang dapat digunakan untuk melakukan pemasangan library maupun framework seperti laravel

  • Support CLI (Comment Line Interface)

Pada framework laravel menyediakan sebuah perintah CLI yang dapat digunakan dengan nama khusus yaitu Artisan

  • Menajement Assets

Laravel menyediakan package untuk manajement assets yang berguna untuk kebututuhan file-file template seperti compiling file css, js, dan gambar.

  • Authentication

Authentication merupakan kewajiban bagi sebuah website yang memilki user, yaitu proses mengecekan user apakah usertersebut valid atau tidak.

  • Dukungan komunitas

Pada framework laravel memilki dukungan komunitas terbanyak kita bisa lihat pada grafik dibawah ini :

Keunggulan Framework Laravel Dari Framework PHP Lainnya

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Keunggulan Framework Laravel Dari Framework PHP Lainnya jadi framework laravel ini bisa dibilang framework php yang power full.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.