Pada materi kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan Antara REST API dan RESTfull API, namun sebelum kursus php private online membahas perbedaan tersebut kita harus memahami terlebih dahulu apa itu yang di maksud dengan API, API adalah antar muka yang terdiri dari kumpulan fungsi yang dapat diakases atau dijalankan oleh program atau aplikasi lain yang saling berkomunikasi untuk melakukan pertukaran data dan dapat kita analogikan sebagai jalur penghubung dari program atau aplikasi client ke web api atau web service.

Perbedaan dari REST API dan RESTfull API tidak jauh berbeda perbedaan dari keduanya terdapat pada penggunaan HTTP Method yang digunakan sebagai penanda dari kebutuhan Web API atau Web Service yang dibuat di dalamnya.

Pada REST API HTTP method yang digunakan tidaklah banyak pada umumnya method yang digunakan yaitu GET dan POST, sedangkan RESTfull API mencakup semua HTTP Method yang pada umumnya sering digunakan untuk aksi CRUD yaitu GET, POST, PUT, PATCH dan DELETE.

Pada RESTfull API terdapat beberapa component ya kawan kursus php private online diantaranya yaitu :

  1. HTTP Verb, maksudnya yaitu pada RESTful API memiliki kata kerja yang menggambarkan suatu aksi yang dapat dilakukan yang terdiri dari lima aksi diantaranya yaitu (GET, POST, PUT, PATCH dan DELETE)
  2. URL Design (End-point), merupakan alamat dari sebuah resource yang dapat diakses, dan untuk membuat end-point tersebut harus baik dan tidak boleh menggambarkan kata kerja dari URL tersebut berikut contoh endpoint yang benar dan yang salah :
Method URL Fungsi Keterangan
GET localhost/api/v1/student/1 Menampilkan data berdasarkan id Benar, karena tidak terdapat kata kerja
GET localhost/api/v1/student/detail/1 Menampilkan data berdasarkan id Salah, karena menggunakan kata kerja detail
  • pada RESTfull API diakses menggunakan protocol HTTP yang berbentuk URL atau sering disebut dengan istilah end-point.
  • HTTP Response Code, RESTfull api menyediakan pesan informasi khusus client, hasil dari feed back request yang dilakukan seperti kode 200 – Success, 404 – Not Found, 500 – Server error, dan lainnya.
  • Format Response, setiap request yang dilakukan client akan menerima data response berupa data JSON atau XML.

 Oke teman-teman kursus privat php online itulah pembahasan kita tentang Perbedaan Antara REST API dan RESTfull API.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.