Pada tutorial sebelumnya dari kami kursus web programming private online kita telah membahas apa itu yang dimaksud dengan Laravel Livewire, seperti yang kita ketahui bahwa Liveware merupakan full-stack framework yang digunakan untuk laravel, yang memungkinkan kita untuk membuat antar muka dinamis dengan secara mudah, tanpa menghilangkan fungsi dan kenyamanan kita dalam menggunakan framework laravel jadi untuk struktur script dan penulisan dari kondingnya masih menggunakan laravel. nah pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana Cara Menginstal Laravel Livewire.

Jika biasanya kita menggunakan frontend framework seperti Vue.js ataupun react. Biasanya kita membutuhkan API untuk mengambil data dan menampilkan datanya, namun sekarang kita akan coba menggunakan laravel livewire.

Cara Menginstal Laravel Livewire silahkan teman-teman kursus web programming private online ketikan pada terminalnya seperti dibawah ini :

composer require livewire/livewire

Berikutnya setelah Larvel Livewire-nya berhasil di install kita akan menyisipkan @livewireStyle di dalam tag head seperti dibawah ini :

Cara Menginstal Laravel Livewire

Selanjutnya kita akan menyisisipkan @livewireScript pada tag body, atau pada baris terakhir sebelum tag penutup body seperti dibawah ini :

Cara Menginstal Laravel Livewire

Untuk menerbitkan atau mem-publish file konfigurasi pada livewire kita bisa menggunakan perintah artisan seperti dibawah ini :

php artisan vendor:publish –tag=livewire:config.

Berikutnya untuk melakukan konfigurasi url pada livewire ini secara default livewire meletakan javascriptnya pada file livewire.js pada routing livewire/livewire.js pada project laravel yang kita gunakan.

Oke teman-teman itulah pembahasan kita pada  tutorial Cara Menginstal Laravel Livewire dari kamikursus web programming private jakarta.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

WhatsApp chat