Framework PHP yang Populer

Apa saja macam-macam framework PHP itu? Framework atau kumpulan fungsi memang memudahkan programmer dalam memanggil fungsi-fungsi yang sudah ada. Kerja para programmer pun diakui lebih ringan karenanya. Adapun saat ini ada banyak macam framework berbasis PHP seperti Code Igniter, CakePHP, Symfony, Zend, Kohana, dan masih banyak lagi. Berikut ini dijelaskan beberapa macam framework PHP yang populer:

  • Code Igniter

Code Igniter adalah framework yang mengangkat konsep MVC (Model-View-Controller). Salah satu keunggulan yang ditawarkan yaitu adanya dokumentasi lengkap yang terorganisir rapi. Jenis framework yang satu ini pun mudah dipelajari. Hanya saja sayangnya Code Igniter belum mendukung ORM (Object Relation Mapping).

  • CakePHP

CakePHP hampir mirip dengan Code Igniter. CakePHP juga mengusung konsep MVC. Berbeda dengan Code Igniter, CakePHP sudah mendukung ORM. Framework ini dalam koneksi database sudah mendukung PGSql, MySQL, DB2, Oracle, dan SQLLITE. Namun, dukungan dokumentasi CakePHP masih dirasa belum lengkap.

  • Symphony

Symphony dikhususkan untuk penikmat PHP5. Framework ini mendukung beberapa koneksi database dengan konsep MVC. Framework ini juga sudah memiliki teknologi AJAX yang terintegrasi. Dari segi dokumentasi, framework Symphony juga sudah terbilang mumpuni. Hanya saja proses installasi cukup rumit dibanding Code Igniter dan CakePHP.

  • Zend

Zend adalah framework yang dapat memudahkan akses API dari sejumlah situs populer seperti Google, Yahoo, dan Facebook. Selain itu Zend juga dikhususkan bagi pengembang aplikasi web 2.0. Jadi tidak heran bukan bila Zend hadir lengkap dengan modul-modul web 2.0, web sevices, syndication, search, dan AJAX.

  • Kohana

Tidak jauh beda dengan macam-macam framework PHP yang sudah dijelaskan di awal, Kohana juga mengusung MVC. Framework ini pun diketahui hasil pengembangan Code Igniter. Sempat didapati adanya kemiripan Kohana dengan Ci, tetapi kini script-script pada Kohana sudah ditulis ulang kembali.

WhatsApp chat