Pada artiekl kali ini saya akan memberikan materi tentang salah satu framework yang sedang booming yaitu laravel,  Melakukan Setup Koneksi Menggunakan MYSQL Pada Laravel.

Di sini saya menggunakan mysql karena DBMS ini masih sangat populer dari segi banyaknya pengguna di seluruh dunia,  secara default yang di butuhkan untuk melakukan konfigurasi database pada laravel ada di dalam 2 file yaitu :
– config/database.php
-.env

Tetapi kita akan merubah dan melakukan konfigurasi di file .env karena ketika kita merubah file tersebut secara otomatis file config/database.php akan menload variable yang ada di file .env .
Baiklah kita mulai saja dan langsung buka file .env maka tampilanya akan seperti ini :

Sekarang kita rubah untuk melakukan konfigurasinya menjadi seperti ini :

Biasanya konfigurasi mysql yang default dari XAMPP masih menggunakan user “root” dan tanpa password. Untuk databasenya sesuaikan sendiri dengan database yang kamu buat sebelumnya via PHPmyadmin.

Jika sudah, silahkan coba apakah koneksinya berhasil atau tidak. Caranya adalah dengan melakukan migration. Penjelasan migration sendiri akan dijelaskan di tutorial berikutnya.

Baiklah itu saja dari saya untuk artikel Melakukan Setup Koneksi Menggunakan MYSQL Pada Laravel, sampai bertemu pada artikel selanjutnya.

WhatsApp chat