Mysql adalah sebuah database untuk menyimpan data. Jika website kalian memiliki banyak data sudah hal yang umum  bagi kalian menggunakan database. Berbicara mengenai database mysql, kita akan belajar membahasa apa saja hal-hal yang perlu kalian ketahui tentang database ini. Sebagai media penyimpanan, mysql memiliki beberapa jenis data yang dapat kalian simpan. Ada istilah integer untuk menyimpan data berupa angka. Lalu ada pula yang namanya char untuk menyimpan data berupa karakter. Kemudian ada text untuk karakter dengan jumlah yang lebih banyak, ada juga date untuk tanggal dan masih banyak lagi. Namun yang sering dipakai adalah keempat jenis tipe data.

Berbicara tentang karakter, karakter itu adalah tipe data yang berupa huruf dan simbol seperti tanda baca. Huruf pada umumnya adalah abjad dari A sampai Z. Namun ada beberapa negara yang abjadnya tidak seperti itu, seperti misalnya Jepang, Arab, Thailand, dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana apabila kalian ingin menyimpan data dengan jenis karakter seperti itu. Sesuai dengan artikel kali ini, kita akan belajar bagaimana cara memasukan karakter unik pada Mysql.

Mysql sudah mempunyai fitur untuk menyimpan karakter unik tersebut, jadi tidak sembarang menyimpan data seperti biasanya, namun ada tambahan agar jenis huruf yang unik itu bisa tersimpan. Karena kalau tidak menambahkan fitur tersebut, font yang unik tersebut tidak akan terbaca. Oke langsung saja kita coba praktekan. Kalian bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Pertama buat table pada database kalian. Kalian bisa ikuti atau coba buat sendiri.

table karakter_unik.

Kalian bisa coba memasukan datanya dengan menekan tab insert seperti contoh dibawah ini.

Setelah sudah kalian bisa simpan, dan lihat apa yang akan terjadi.

terjadi pesan kesalahan karena mysql tidak bisa membaca jenis karakter yang ditulis. Dan hasilnya pada database akan seperti ini.

Menjadi tanda tanya sebagai tanda bahwa karakter tidak terbaca. Oleh karena itu kalian harus menambahkan sedikit perubahan pada setingan table kalian. Caranya seperti berikut.

Kalian edit pada field yang ingin kita rubah seperti contoh gambara diatas.

Lalu pada bagian collation rubah menjadi utf-8_bin. Ini adalah setingan agar semua jenis font yang unik sekali pun dapat terbaca oleh mysql. Setelah sudah kalian save, dan coba kembali untuk memasukan huruf jepang pada tabel kalian. Jika berhasil maka akan seperti ini.

Mudah bukan ?

Sekian pembahasan mengenai cara memasukan karakter unik pada Mysql. Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat