Hallo sahabat dumenity berjumpa lagi dalam tutorial web programming DumetSchool Kali ini saya masih lanjut dengan pembahasan sebelumnya yaitu controller pada Codeigniter. Pada pembahasan sebelumnya saya membahas tentang cara membuat controller di codeigniter bagi yang belum tahu silahkan klink link tersebut. Pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang memberikan argumen pada method controller. 

Oke langsung saja, ada kalanya kita perlu melewatkan / memberi argumen pada suatu method controller. Nilai argumen tersebut selanjutnya bisa digunakan pada method tersebut. Oke langsung saja saya berikan contohnya untuk memberikan argun pada method controller.
langkah pertama buat file di controler terlebih dahulu:

Dari script di atas,  pada ( ” public function halo($nama) ” ) pada script tersebut merupakan deklarasi method, tempatkan variabel yang berfungsi sebagai argumen, dalam hal ini saya memberikan $nama

Untuk mendapatkan nilai argumen atau memakai argumen tersebut seperti memakai variabel biasa kita tinggal lakukan langkah ini

maka argumen tersebut akan mencetak nilai nama yang teman – teman masukan, misalnya saya akan memasuka nama FERI.
teman – teman tinggal mengaksesnya dengan cara :
http://nama_folder/page/halo/FERI

maka akan tercetak sebuah output
nama : FERI

Misalkan contoh lain,

dari script di atas ketika saya akses di browser http://nama_folder/page/halo/FERI/10,  maka akan tercetak hasil atau output seperti di bawah ini:
nama : FERI
nomor : 10

Oke, bagaimana cukup mudah bukan, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat