Ada banyak pilihan yang tersedia dalam logging biner. Misalnya merotasi log biner Anda, menambahkan dan menghapus database, kadaluarsa log biner. Saya akan menjelaskan semuanya pada tutorial ini.

Menyiapkan nama file log biner

Anda harus berhati-hati dalam menganalisis lokasi folder biner saya di atas. Anda dapat menemukan bahwa ia memiliki dua file (bin-log.000001 dan bin-log.index). Pertama satu bin-log.000001 adalah file dimana mysql menyimpan semua query log dalam format biner. Setelah penghancuran atau kadaluarsa atau batas ukuran melebihi file lain dengan nama bin-log.000002 akan dihasilkan. Namun file bin-log.index tidak akan pernah bisa diputar. Ini adalah toko informasi tentang Mysql binary logging. Anda dapat membuka file indeks ini di notepad dan Anda dapat menemukan bahwa ia memiliki nama dengan lokasi semua Anda semua (aktif dan kadaluarsa yang telah saya jelaskan di bagian akhir tutorial saya) log biner. Anda dapat mengatur lokasi berkas indeks log biner mysql Anda. Secara default, mysql menciptakannya di direktori yang sama tempat log biner Anda disimpan. Namun jika Anda ingin mengubah lokasi file indeks Anda, Anda dapat mengubahnya dengan menetapkan opsi log-bin-index. Anda dapat mengatur indeks dengan memulai mysql Anda dengan -log-bin-index = [lokasi indeks / nama file] Anda. Anda juga bisa menambahkan log-bin-index = [lokasi file indeks] / nama file] melalui halaman my.ini atau my.cnf. Berikut ini adalah pendekatan langkah demi langkah untuk mengatur nama file biner biner.

  • Cari dan buka file konfigurasi mysql my.ini atau my.cnf
  • Tambahkan baris berikut
    Log-bin-index = [lokasi file indeks anda] / nama file],
    dalam kasus saya ini adalah log-bin-index = c: / xampp / data / binlog / abc
  • Restart server mysql Anda dan pergi ke lokasi indeks. File Anda akan dihasilkan. Dalam kasus saya itu telah dihasilkan dengan nama abc.index.
Cara menambah atau menghapus database dari log biner MySQL
Jika Anda telah memulai server Anda dengan variabel -log-bin = [path] atau menambahkan variabel log-bin = [path] ke dalam file konfigurasi mysql dan restart server Anda untuk binary logging. Kemudian Anda membuat log biner Mysql dari semua database. Anda bisa menambahkan dan menghapus database dengan menggunakan option variable binlog-do-db = db_name dan binlog-ignore-db = db_name. Anda dapat menggunakan kedua variabel tersebut baik dengan command line pada format file konfigurasi Anda.

Binlog-do-db: Dengan opsi ini Anda bisa memasukkan database apapun ke dalam log biner MySQL Anda. Jika Anda belum menggunakan opsi binlog-do-db maka secara default semua database akan disertakan dalam log biner Anda. Tapi jika Anda akan menentukan nama database dengan binlog-do-db maka satu-satunya database yang ditentukan akan disertakan dalam log biner mysql Anda. Jadi misalnya jika Anda ingin membuat binary log hanya 2 database (test1, test2) dari server mysql Anda maka Anda bisa menentukan setting seperti ini.

binlog-do-db=test1
binlog-db-db=test2
Dan restart server mysql anda. Sekarang hanya test1 biner database test1 dan test2 yang diaktifkan. Sisa dari database tidak ikut dalam binary logging dari server mysql anda.

Binlog-ignore-db: Seperti binlog-do-db untuk menambahkan database dalam log biner mysql Anda, Anda memiliki opsi untuk menghapus database dari log biner mysql Anda. Jika Anda ingin database tertentu tidak berpartisipasi dalam log biner maka Anda bisa menggunakan opsi binlog-ignore-db. Anda tidak dapat mengatur opsi ini dengan kedua file perintah dan file konfigurasi mysql. Secara umum latihan pilihan ini jarang dibutuhkan. Tapi jika Anda secara default mengaktifkan semua pembatalan biner db sehingga terkadang Anda memerlukan opsi ini jika Anda ingin menghapus database dari pembatalan biner Anda.

Kedua pilihan tersebut akan berdampak pada replikasi budak Anda. Jadi jika Anda telah mengkonfigurasi server slave untuk database Anda maka pertama-tama analisis dampaknya pada save Anda jika Anda akan mengabaikan atau menambahkan database.

Cara menata atau mengkonfigurasi Log Inisial Binary Rotation dan Expiration
Ketika file log biner Anda akan tumbuh dalam ukuran itu akan menurunkan kinerja server Mysql Anda. Jadi Anda perlu memutar log biner. Jika Anda akan memutar log biner Anda secara cerdas, kinerja server Anda akan bagus dan cadangan dan replikasi Anda akan bekerja dengan baik. Anda dapat memutar log bin mysql Anda dengan menentukan opsi max_binlog_size ke file konfigurasi MySQL my.ini atau my.cnf atau Anda dapat menggunakan ini sebagai baris perintah. Dengan menggunakan max_binlog_size Anda dapat menentukan ukuran file log biner mysql Anda dalam byte. Jika batas yang ditentukan akan terlampaui maka log biner akan diputar. Atau dalam istilah lain akan menghasilkan file baru untuk logging biner. Anda bisa mengatur max_binlog_size antara 4096 Byte menjadi 1GB. Jadi jika log biner Mysql Anda berukuran 0.9 GB dan tabel Anda sedang diperbarui maka tulislah file 0.9 GB butuh waktu. Jadi kueri Anda akan memakan waktu. Jadi tolong atur rotasi log biner mysql anda dengan cerdas.

Sekarang jika Anda mengambil database full backup Anda pada hari pertama setiap bulannya. Jadi, setelah hari kerja pertama setiap bulan, log biner Anda tidak berguna (jika diperlukan replikasi budak utama). Jadi idealnya Anda harus menghapus log biner Anda setelah waktu interval tertentu. Dalam mysql kita istilah itu berakhir log Anda bukan menghapus. Jadi melakukan ini secara manual agak tidak mungkin. Anda bisa kadaluarsa log biner Mysql Anda menggunakan pengaturan expire_logs_days. Nilai default expire_logs_days adalah 0. yang berarti tidak akan pernah kadaluarsa log Anda. Jadi disini anda bisa menentukan berapa hari log anda akan kadaluarsa.

WhatsApp chat