Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Multi-Select Dropdown Filter dalam PHP dengan Pencarian Database. Filter digunakan untuk mempersempit hasil berdasarkan kriteria tertentu. Kami telah membuat filter PHP untuk halaman daftar untuk menciutkan hasil basis data berdasarkan opsi filter yang dipilih. Filter pencarian dengan bidang kombo akan memungkinkan multi-select. Jadi, kita dapat membuat pencarian untuk memfilter data berdasarkan sekelompok opsi yang dipilih oleh pengguna.

Saya telah membuat bentuk filter pencarian PHP dengan kotak multi-select yang menunjukkan daftar negara. Saya memiliki tabel database tbl_user untuk menyimpan detail pengguna seperti nama, jenis kelamin, negara, dan lainnya. Saat mengirimkan filter dengan memilih opsi negara, hasil basis data akan diambil dan didaftar berdasarkan opsi yang dipilih. Saya telah meledakkan susunan nama negara yang dipilih dan meneruskannya ke kueri IN klausa untuk mengambil hasil basis data. Jika Anda memeriksa negara yang bergantung pada dropdown, periksa artikel terkait atau Anda juga dapat memeriksa tiga tingkat daftar dropdown bergantung.
Skrip Database

Skrip berikut digunakan untuk membuat struktur basis data dan membuang data yang diperlukan untuk contoh ini. Sebelum menjalankan contoh ini di komputer lokal Anda, impor skrip ini melalui klien database Anda.

Filter Pencarian HTML dengan dropdown Multi-select

Saya telah membuat formulir HTML dengan dropdown multi-select.  saya telah mencantumkan nama negara yang berbeda dari database tbl_user. Pengguna dapat memilih beberapa negara dari daftar tarik-turun ini. Saat mengirimkan opsi filter, itu akan diposting ke PHP untuk memproses pengambilan data MySQL berdasarkan nilai yang dipilih. Setelah mengambil hasil dari database, itu akan tercantum di bawah filter.

Queri SELECT MySQL untuk Menyaring Hasil Basis Data Berdasarkan Negara yang Dipilih

Setelah mengirimkan opsi filter ke PHP, larik negara yang dipilih akan diulang dalam satu lingkaran. Loop akan membuat string yang di-implode dari array negara yang dipilih. Nilai string ini akan berada dalam klausa IN dari query SELECT untuk mengambil data berdasarkan beberapa nilai. Kode di bawah ini menunjukkan cara mengambil hasil MySQL berdasarkan beberapa negara.

Multi-select Dropdown Filter di PHP dengan Pencarian Database – Output

Screenshot berikut menunjukkan hasil dari filter dropdown multi-pilih menggunakan PHP

Multi-Select Dropdown Filter dalam PHP dengan Pencarian Database

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Multi-Select Dropdown Filter dalam PHP dengan Pencarian Database, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat