Halo teman-teman apa kabar semua, berjumpa lagi dengan saya. Di artikel kemarin kita sudah membahas tentang fungsi public di dalam OOP dengan PHP, pada artikel kali ini kita akan membahas dan mempraktekkan tentang  Pengertian dan Penggunaan Property Class OOP dengan PHP. Pengertian class bisa diibaratkan dengan contoh: mobil, kita semua tahu bahwa mobil memiliki ciri-ciri seperti merk, roda, setir, dan beberapa ciri khas lain yang menyatakan sebuah benda tersebut adalah mobil. Selain memiliki ciri-ciri, sebuah mobil juga bisa dikenakan serbuah aktifitas, seperti: menghidupkan mobil atau mematikan mobil.

Berikut ini adalah contoh penulisan class dalam PHP:

Untuk menambahkan property atau variabel ke dalam class, Hampir sama dengan membuat variabel PHP pada umumnya, hanya saja yang membedakan adalah status penggunaannya. Coba teman-teman siapkan code editornya dan copy script di bawah ini

Kemudian pastekan di code editornya, jika sudah save di dalam folder htdocs dengan nama index.php kemudian paggil url nya yaitu localhost/index.php dan enter. Maka tampilan masih kosong, langkah berikutnya kita cetak variabel yang ada didalam class mobil dengan mendefinisikan dengan objek terlebih dahulu dan menampilkannya, lihat gambar di bawah ini

pengertian-dan-penggunaan-property-class-oop-dengan-php

Nah kita bisa lihat gambar di atas ini cara menampilkannya, teman-teman samakan atau tambahkan script nya persis seperti gambar di atas ini jika sudah save dan refreas pada browsernya maka value yang ada di dalam variabel berhasil di cetak.

pengertian-dan-penggunaan-property-class-oop-dengan-php-1

Sangat mudah bukan, oke teman-teman buat sendiri ya aktifitasnya pada class mobil tersebut untuk latihan selanjutnya dengan menambahkan beberapa perintah sehingga akan menghasilkan “Andi Mempunyai Mobil Bermerek Honda” tugas teman-teman cukup menambahkan variable dan isi variabel tersebut dengan “Andi ” “Mempunyai ” “Mobil ” “Bermerek ” “Honda” setelah itu baru di tampilkan di objeknya. Oke sekian dulu di artikel kali ini tentang Pengertian dan Penggunaan Property Class OOP dengan PHP semoga bermanfaat. Teman-teman jangan lupa buat tugas nya ya untuk latihan di rumah supaya lebih paham apa itu fungsi class di dalam OOP. Kita jumpa lagi di artikel berikutnya, terimakasih dan sampai jumpa.

Baca juga artikel tentang Attribute Selector :not() Pada JQuery

WhatsApp chat