Function adalah sekelompok pernyataan yang bersama-sama melakukan tugas. Setiap program Go memiliki setidaknya satu fungsi, yaitu main (). Anda dapat membagi kode Anda menjadi fungsi-fungsi terpisah. Bagaimana Anda membagi kode Anda di antara fungsi-fungsi yang berbeda tergantung pada Anda, tetapi secara logis, pembagiannya harus sedemikian rupa sehingga masing-masing fungsi melakukan tugas tertentu.

Deklarasi fungsi memberi tahu compiler tentang nama function, tipe return, dan parameter. Definisi fungsi menyediakan  fungsi body yang sebenarnya.

Library Go standar menyediakan berbagai fungsi bawaan yang dapat dipanggil oleh program Anda. Misalnya, fungsi len () mengambil argumen dari berbagai jenis dan return panjang Type. Jika sebuah string diteruskan ke sana, fungsi mengembalikan panjang string dalam byte. Jika array dilewatkan ke sana, fungsi mengembalikan panjang array.

Fungsi juga dikenal sebagai method, sub-routine, atau procedure.

Mendefinisikan suatu Fungsi

Bentuk umum definisi fungsi dalam bahasa pemrograman Go adalah sebagai berikut –

Definisi fungsi dalam bahasa pemrograman Go terdiri dari function header dan function body.
Berikut ini semua bagian dari suatu fungsi –

  • Func −   memulai deklarasi fungsi.
  • Function Name − nama sebenarnya dari fungsi tersebut. Nama fungsi dan daftar parameter.
  • Parameters − Parameter seperti tempat penampung. Saat suatu fungsi dipanggil, Anda meneruskan nilai ke parameter. Nilai ini disebut sebagai parameter atau argumen aktual. Daftar parameter mengacu pada jenis, urutan, dan jumlah parameter fungsi. Parameter bersifat opsional; artinya, suatu fungsi mungkin tidak mengandung parameter.
  • Return Type − Suatu fungsi dapat mengembalikan daftar nilai. Return_types adalah daftar tipe data nilai yang dikembalikan fungsi. Beberapa fungsi melakukan operasi yang diinginkan tanpa mengembalikan nilai. Dalam hal ini, return_type adalah yang tidak diperlukan.
  • Function Body − Ini berisi kumpulan pernyataan yang menentukan apa fungsi tidak.

 

Contoh

Kode sumber berikut menunjukkan fungsi yang disebut max (). Fungsi ini mengambil dua parameter num1 dan num2 dan mengembalikan maksimum antara keduanya –

Memanggil suatu Fungsi

Saat membuat fungsi Go, Anda memberikan definisi tentang apa yang harus dilakukan fungsi. Untuk menggunakan suatu fungsi, Anda harus memanggil fungsi itu untuk melakukan tugas yang ditentukan.

Ketika suatu program memanggil suatu fungsi, kontrol program ditransfer ke fungsi yang dipanggil. Fungsi yang dipanggil menjalankan tugas yang ditentukan dan ketika pernyataan pengembaliannya dijalankan atau ketika penjepit penutupan fungsi berakhir tercapai, ia mengembalikan kontrol program kembali ke program utama.

Untuk memanggil suatu fungsi, Anda hanya perlu melewati parameter yang diperlukan bersama dengan nama fungsinya. Jika fungsi mengembalikan nilai, maka Anda dapat menyimpan nilai yang dikembalikan. Misalnya –

Saya telah menyimpan fungsi maks () bersama dengan fungsi utama () dan mengkompilasi source code. Saat menjalankan executable terakhir, itu akan menghasilkan hasil berikut –

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Pengertian Functions dalam Bahasa Pemrograman Golang Part 1, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat