Pada artikel kali ini kita akan membahas fitur laravel yang sangat keren akan tetapi jarang di gunakan oleh orang yang menggunakan laravel yaitu View Composer. Apa itu view composer di laravel ? Kita akan bahas pada artikel kali ini .

View Composers merupakan sebuah fitur yang memberikan solusi sangat elegan untuk masalah yang sangat spesifik. Dimana tujuan dari fitur ini di buat adalah untuk mengatasi masalah sharing data antar view apabila data tersebut di butuhkan oleh banyak view tanpa mendefiniskan kembali data tersebut. Dengan adanya fitur ini hal tersebut dapat di lakukan dengan sangat mudah.

Untuk menggunakan view composer untuk melakukan sharin data antar view dapat di lakukan dengan beberapa cara yang sering di gunakan.

  • Cara pertama
    Untuk melakukan sharin data kita memanfaatkan file app/Providers/AppServiceProvider.php, misal kita akan menshare data hasil dari eloquent sperti di bawah ini

untuk agar data tersebut dapat di gunakan oleh seleuruh view tanpa terkecuali kita dapat melakukan beberpa perubahan pada file app/Providers/AppServiceProvider.php, menjadi seperti ini :

  • Cara ke dua
    Cara ke dua berbeda dengan cara pertama di mana cara pertama akan menshare data tersebut ke seluruh view tanpat terkecuali tetapi untuk cara ke dua akan menshare data hanya ke beberapa view yang sudah kita tentukan, caranya seperti ini :

Jadi seperti itulah Tips Laravel Advance Menggunakan View Composer Untuk Melakukan Sharing Data Antar View. Sampai bertemu pada artikel selanjutnya