Udah Tahu Beberapa Bahasa Pemrograman Teraneh Ini? – Siapa di sini yang sedang merasa bosan atau sedang stuck dalam menulis coding? Mungkin kamu pernah merasa penasaran apakah ada bahasa pemrograman yang sangat sulit dipahami entah karena memang bahasanya yang sulit, unik atau bahkan… aneh?

Tapi, tahu ga sih ternyata memang ada banyak sekali bahasa pemrograman yang dianggap aneh oleh banyak programmer dan mungkin kamu juga akan menganggapnya seperti itu. Beberapa bahasa pemrograman ini sulit dipahami dan bahkan ada juga yang memang bukan diciptakan untuk membuat sebuah program.

Ini dia beberapa bahasa pemrograman teraneh yang mungkin ingin kamu coba untuk pelajari hehe. Langsung saja yuk!

Piet

Dari namanya seperti nama panggilan seseorang ya? Tapi, bahasa pemrograman ini benar-benar ada dan ya, bahasa pemrogaman ini dibuat karena terinspirasi dari seorang seniman lukisan abstrak yang menyukai lukisan berbentuk geometris bernama Piet Mondrian.

bahasa pemrograman teraneh

Hello World “piet”

Berdasarkan itulah, programmer yang membuat bahasa pemrograman ini akan mengubah bahasa pemrograman menjadi sebuah lukisan geometris seperti yang dibuat oleh Piet Mondrian.

Sebenarnya, belum terlalu aneh ya? Bahkan, bisa dibilang ini cukup keren karena hasil akhirnya memiliki nilai artistik hehe.

Whitespace

Dari nama bahasa pemrograman ini, sepertinya sudah cukup terlihat ya bahasa pemrograman ini berisi apa saja? Jika kamu belum paham whitespace, itu adalah spasi, tab dan juga enter. Jadi, keseluruhan bahasa pemrograman ini didasarkan dari ya ketiga elemen tersebut.

bahasa pemrograman teraneh

Bahkan di websitenya Whitespace sendiri mengatakan:

Banyak bahasa pemrograman yang mengabaikan penggunaan syntax spasi, tab dan enter. Ini sangat tidak adil untuk mereka hanya karena karakter-karakter ini tidak terlihat.

Hehe menarik bukan? Jadi, karena itulah programmer membuat bahasa pemrograman ini agar whitespace menjadi dianggap ada.

l33t

Bahasa pemrograman ini sebenarnya tidak aka cukup sulit untuk dipahami olehmu yang pernah mengalami penulisan chatting “4L4y“. Meski pun mungkin akan membuat mata sedikit sakit dan perih karena penulisannya yang benar-benar m3n4121qu3.

Di bawah ini merupakan contoh penulisan coding untuk “Hello World”:

Waaah, apa kamu bisa membacanya?

Untuk tahu beberapa bahasa pemrograman aneh lainnya, kamu bisa coba lihat di list yang ada di link berikut ini ya https://esolangs.org/wiki/Language_list

Semoga artikel ini bisa menjadi hiburan dan memberi manfaat juga ilmu pengetahuan untukmu. Jika kamu ingin belajar tentang Web Programming atau bahasa pemrograman lainnya, kamu bisa mengambil paket kursus website di DUMET School ya!